Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jens Raven Tajam di Timnas U-20 Indonesia, STY: Masih Kurang!

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong angkat bicara mengenai kualitas Jens Raven yang tampil subur bersama Timnas U-20 Indonesia.
Pemain Timnas U-20 Indonesia, Jens Raven, dinilai belum layak masuk Timnas Indonesia senior / PSSI
Pemain Timnas U-20 Indonesia, Jens Raven, dinilai belum layak masuk Timnas Indonesia senior / PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong angkat bicara mengenai kualitas Jens Raven yang tampil subur bersama Timnas U-20 Indonesia.

Shin Tae-yong menyaksikan pertandingan Timnas U-20 Indonesia vs Yaman dalam partai terakhir Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (30/9/2024).

Dalam laga yang berakhir imbang 1-1 itu Jens Raven mencetak gol untuk Timnas U-20 Indonesia pada menit ke-45+1.

Itu adalah gol ketiga Raven dalam 3 pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 sekaligus mengantarkan Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025 di China.

Meski demikian, Shin Tae-yong menilai kemampuan Jens Raven masih terlalu mentah untuk masuk Timnas Indonesia level senior.

"Segitu saja sangat kurang, masih dibutuhkan power lebih dan daya juang. Kalau segitu saja tidak akan pas untuk di Timnas Indonesia senior," ucap Shin Tae-yong kepada wartawan usai laga.

Penyerang naturalisasi berusia 18 tahun itu sudah menjadi sensasi setelah memborong 4 gol untuk mengantarkan Timnas U-19 Indonesia juara Piala AFF U-19 2024, Juli lalu.

Ketajaman Jens Raven terus terasah hingga mampu melesatkan total 3 gol di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Hanya saja catatan gol Raven itu belum cukup untuk meyakinkan Shin agar memasukkan namanya ke daftar penyerang Timnas Indonesia.

Raven dinilai belum bisa bersaing dengan penyerang Timnas Indonesia seperti Ramadhan Sananta, Dimas Drajad, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen.

Sementara itu, pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri tak mau buru-buru merekomendasikan Jens Raven ke Timnas Indonesia senior.

Indra menilai Raven yang masih belia punya waktu panjang untuk terus mengembangkan permainan sebelum siap tampil di level tertinggi.

"Biarkan buah itu matang di pohonnya dulu. Saya pikir, saya dan Coach Shin akan selalu diskusi tentang bagaimana Timnas U-20 Indonesia dan pemain-pemainnya apakah ada yang bisa direkrut ke U-23 atau senior," ucap Indra Sjafri.

Raven masih memiliki kans untuk membuktikan diri di ajang yang lebih prestisius, yakni Piala Asia U-20 2025.

Jika kembali tampil apik di Piala Asia U-20 yang berlangsung pada 6-23 Februari 2025 di China itu, pintu masuk ke Timnas Indonesia diyakini akan terbuka untuk Jens Raven.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper