Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Misteri Lenyapnya Nama Elkan Baggott dari Skuad Timnas Indonesia, Friksi dengan STY?

Membongkar alasan tak ada nama Elkan Baggott dalam skuad Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni.
Bek Timnas Indonesia, Elkann Baggott/Twitter Timnas Indonesia
Bek Timnas Indonesia, Elkann Baggott/Twitter Timnas Indonesia

Abaikan Panggilan Shin Tae-yong

Elkan Baggott yang kini berusia 21 tahun itu masuk dalam proyeksi Timnas U-23 Indonesia untuk tampil di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Elkan disiapkan mengawal lini belakang Garuda Muda bersama Rizky Ridho dan Justin Hubner. Akan tetapi Elkan tak kunjung muncul karena tak mendapat izin dari klubnya, Ipswich Town.

Turnamen Piala Asia U-23 yang bukan termasuk dalam kalender resmi FIFA itu memang memungkinkan setiap klub menahan pemain dari pemanggilan tim nasional.

Tanpa Elkan, Timnas U-23 Indonesia mampu menembus babak semifinal. Capaian itu melebihi target yang diusung PSSI yakni mencapai babak perempat final.

Timnas U-23 Indonesia kalah dari Irak dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. Indonesia pun harus menjalani playoff untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris.

Selepas Piala Asia U-23 Shin dan PSSI mencoba untuk memanggil Elkan ke Timnas U-23 Indonesia untuk menghadapi Guinea di babak playoff.

Tenaga Elkan sangat dibutuhkan pada laga itu, mengingat kapten tim Rizky Ridho menjalani hukuman kartu merah dan Justin Hubner kembali ke timnya di Jepang Cerezo Osaka.

Akan tetapi yang terjadi justru Elkan mengabaikan panggilan dari Timnas U-23 Indonesia.

Shin tak bisa menyembunyikan kekecewaannya terhadap sikap Elkan Baggott yang tak mengacuhkan dirinya.

Ironisnya, Elkan justru mengunggah foto dirinya tengah berlibur di Maladewa saat Garuda Muda membutuhkannya.

"Tentang Elkan, mungkin dari media Indonesia bisa mengikuti jadwal (klub) atau kelakuan Elkan seperti apa bisa cari tahu sendiri. Lalu bisa dilihat sendiri Elkan bagaimana," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga kontra Guinea.

Saat pemanggilan, Elkan memang sudah tak memiliki jadwal bersama timnya saat Timnas U-23 Indonesia berlaga di playoff Olimpiade 2024.

Atas dasar itu pun berkembang isu bahwa Elkan memang ogah bergabung dengan skuad Timnas U-23 Indonesia.

Hal itu santer dikabarkan menjadi alasan Shin Tae-yong kini balik mengabaikannya dari Timnas Indonesia yang akan tampil dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, menampik adanya friksi antara Shin Tae-yong dan Elkan Baggott. Menurutnya, ketiadaan nama Elkan adalah murni karena pertimbangan taktik.

"Sesuai kebutuhan tim pada masing-masing posisi. STY belum membutuhkan tenaga Elkan karena posisi bek tengah sudah penuh," ucap Sumardji.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper