Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semua Kelompok Timnas Indonesia Lolos Piala Asia, Erick Thohir Sebut Garuda Naik Level

Timnas Indonesia mengukir sejarah dengan meloloskan seluruh kelompok umur ke ajang Piala Asia, mulai dari U-17 hingga senior.
Trofi Piala Asia U-23/Reuters
Trofi Piala Asia U-23/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia mengukir sejarah dengan meloloskan seluruh kelompok umur ke ajang Piala Asia. Terbaru, Timnas U-17 Indonesia memastikan tiket ke Piala Asia U-17 2025.

Timnas U-17 Indonesia memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025 setelah bermain imbang 0-0 kontra Australia, Minggu (27/10/2024).

Hasil imbang itu sudah cukup untuk mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Asia U-17 2025 yang akan digelar di Arab Saudi.

Kelolosan Timnas U-17 Indonesia ke Piala Asia sekaligus melengkapi kiprah dua pendahulunya, yakni Timnas U-20 Indonesia dan Timnas senior Indonesia, yang juga telah lolos ke Piala Asia.

Pada awal tahun ini Timnas U-23 Indonesia juga lolos ke Piala Asia, bahkan bisa melaju hingga babak semifinal.

Hal itu menjadi sejarah baru di Timnas Indonesia kala empat kelompok timnas berbagai kategori lolos ke putaran final Piala Asia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi kerja keras seluruh pemain, tim pelatih dan ofisial, serta pengurus PSSI yang membantu terciptanya sejarah ini.

Pasalnya, lanjut Erick, pencapaian ini terwujud berkat kerja keras kolektif dan sesuai program yang dicanangkan.

"Ini benar-benar catatan sejarah karena di semua kategori timnas kita bisa berlaga di babak utama Piala Asia. Ini bukti level kita sudah naik dalam waktu yang relatif singkat," ucap Erick Thohir di Jakarta, Senin (28/10/2024).

Erick menambahkan, jika melihat prestasi yang ditorehkan Timnas U-23 Indonesia yang mampu menembus semifinal Piala Asia U-23 2024, peluang Timnas U-17 Indonesia untuk mencetak prestasi serupa terbuka lebar.

Menteri BUMN itu juga mengenang penampilan apik Timnas U-23 Indonesia yang mampu mengalahkan tim-tim kuat Asia.

"Timnas U-23 Indonesia telah membuktikan bahwa sebagai debutan bisa melaju ke semifinal dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia, Yordania, dan Korea Selatan. Artinya, Tim Merah Putih lainnya bisa meniru langkah mereka di putaran final Piala Asia nanti," ujar Erick.

Erick menjamin PSSI akan menyiapkan dukungan maksimal untuk mendorong prestasi cemerlang Timnas Indonesia.

Erick menghargai prestasi dua pelatih lokal, Indra Sjafri dan Nova Arianto, yang mampu membawa anak asuhnya di Timnas U-20 dan Timnas U-17 lolos ke Piala Asia.

"Ada peningkatan kualitas pelatih kita. Coach Indra dan Nova telah membuktikan hal itu. Ada transfer knowledge dari Shin Tae-yong kepada coach Nova yang sebelumnya jadi asistennya. Nova juga pernah jadi asisten coach Indra. Ini yang memang saya harapkan pelatih yang berpengalaman berbagi ilmu dengan pelatih muda," tutur Erick.

Sebelumnya, Timnas senior Indonesia juga sudah memastikan lolos ke Piala Asia 2027 yang akan berlangsung pada Januari 2027 di Arab Saudi.

Hal itu tercapai setelah Jay Idzes dan kawan-kawan melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan status runner-up Grup F di bawah Irak.

Sedangkan Timnas U-20 Indonesia mengunci tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2025 di China setelah menjadi juara Grup F, bersaing dengan Yaman, Timor Leste, dan Maladewa.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper