Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Kevin Diks Bek FC Copenhagen yang Gabung Timnas Indonesia

Ketum PSSI Erick Thohir menyatakan bek FC Copenhagen Kevin Diks menjadi pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia. Berikut profil Kevin Diks.
Pemain FC Copenhagen Kevin Diks menjadi pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia / Instagram @kevindiks2
Pemain FC Copenhagen Kevin Diks menjadi pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia / Instagram @kevindiks2

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengumumkan Kevin Diks sebagai pemain baru yang akan memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Informasi terkait bergabungnya Kevin Diks ke Timnas Indonesia disampaikan Erick Thohir melalui akun instagramnya, pada Sabtu (12/10/2024). Dalam unggahannya, Erick mengunggah foto sedang menjabat tangan Kevin Diks dan mengucapkan selamat bergabung dengan Timnas Indonesia kepada pemain FC Copenhagen tersebut.

"Makan siang sama pemain F. C. Copenhagen yang punya keturunan Indonesia, ngga lupa salaman. Selamat bergabung di Timnas Indonesia, @kevindiks2," tulis Erick Thohir.

Lalu, siapa sebenarnya Kevin Diks? Berikut profil Kevin Diks.

Melansir dari berbagai sumber, nama lengkapnya merupakan Kevin Diks Bakarbessy. Nama akhirnya berasal dari marga ibunya yang berasal dari Maluku, Ambon sedangkan ayahnya merupakan warga Belanda.

Notabenenya, Diks sudah memulai proses naturalisasi sejak 2020. Saat itu, dia dikabarkan masih ragu membela Merah Putih.

Diks sendiri sudah sempat membela Timnas Junior Belanda, persisnya untuk U-19 dengan empat kali penampilan (2014—2015), U-20 dengan lima kali penampilan (2015), dan U-21 dengan dua kali penampilan (2016).

Pesepakbola kelahiran Kota Apeldoorn, Belanda pada 6 Oktober 1996 ini bermain di posisi bek. Awal karier profesionalnya dimulai di klub Vitesse.

Kariernya mulai menanjak usai direktur oleh klub Series A Liga Italia, ACF Fiorentina pada 2016. Kendari demikian, Diks hanya tercatat bermain sebanyak dua kali untuk Fiorentina.

Selama 2017—2021, Fiorentina lebih banyak meminjamkan Diks ke klub-klub Eropa lain seperti Vitesse, Feyenoord, Empoli, dan AGF. Barulah pada 2021, dia direktur oleh FC Copenhagen.

Di klub liga utama Denmark itu, Diks bermain cukup reguler. Hingga kini, dia telah bermain sebanyak 91 kali untuk Copenhagen.

Bahkan, Diks telah mencetak 10 gol untuk Copenhagen meski bermain sebagai bek. Bersama Copenhagen, Diks berhasil memenangkan Liga Super Denmark selama dua kali (musim 2021—2022 dan 2022—2023).

Dia juga sudah merasakan kompetisi tertinggi di Eropa yaitu Liga Champions. Membela Copenhagen, pemain dengan tinggi 186 cm ini telah bermain sebanyak 22 kali di Liga Champions.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper