Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Indonesia Lolos Piala Dunia 2026 Masih Terbuka, Ini Skenarionya

Begini skenario Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 melalui babak kualifikasi ketiga.
Begini skenario Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 zona Asia / Reuters-Hamad I Mohammed
Begini skenario Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 zona Asia / Reuters-Hamad I Mohammed

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia harus menelan pil pahit setelah ditahan imbang Bahrain dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski begitu, Timnas Indonesia masih punya kans untuk lolos ke Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 kontra Bahrain pada matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (10/10/2024).

Gol Rafael Struick pada menit ke-75 membawa Timnas Indonesia unggul hingga injury time.

Sayangnya, gol kontroversial Bahrain pada menit ke-90+9 membuyarkan 3 angka yang sudah di depan mata untuk Timnas Indonesia.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia melorot ke posisi 5 klasemen sementara Grup C dengan 3 angka.

Meski tak jadi meraih kemenangan atas Bahrain, Timnas Indonesia mempertahankan catatan tak terkalahkan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos dari kualifikasi ketiga juga sangat besar, syaratnya Garuda harus mengalahkan China pada laga yang akan digelar Selasa (15/10/2024).

Begini Skenario Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Perlu diketahui bahwa dalam peraturan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tim peringkat 1 dan 2 masing-masing grup akan mendapat tiket otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Sementara itu tim peringkat 3 dan 4 akan melaju ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sedangkan tim peringkat 5 dan 6 harus terhenti langkahnya dan dipastikan gagal ke Piala Dunia 2026.

Jika mengacu pada aturan tersebut, Timnas Indonesia masih punya peluang untuk memperbaiki posisi dari peringkat saat ini di tangga kelima klasemen Grup C.

Indonesia cuma berjarak 1 poin dari tim peringkat kedua hingga keempat yakni Australia, Arab Saudi, dan Bahrain.

Artinya, jika pada laga selanjutnya Timnas Indonesia bisa menang atas China, posisi anak asuh Shin Tae-yong itu bisa naik ke posisi 2 atau 3.

Sebab pada waktu yang hampir bersamaan, Australia akan menghadapi Jepang dan Arab Saudi bersua Bahrain.

Katakanlah Australia kalah dari Jepang dan Arab Saudi imbang lawan Bahrain, Indonesia akan naik ke posisi 2 jika mampu mengatasi perlawanan China.

Poin penuh melawan China sangat krusial, sebab itu adalah syarat bagi Indonesia untuk bersaing dengan 4 tim lain yang telah memetik kemenangan.

Apalagi setelah melawan China, Tim Merah Putih akan bersua pemuncak klasemen sekaligus tim terkuat di grup ini, Jepang.

Laga kontra China juga akan menjadi penutup putaran pertama babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Penting bagi Indonesia untuk setidaknya mengamankan posisi ketiga klasemen Grup C, agar langkah di putaran kedua tidak terlampau berat.

Pada putaran kedua Timnas Indonesia akan bermain kandang melawan Arab Saudi, Bahrain, dan China. Serta akan bertandang ke markas Australia dan Jepang.

Jika melihat hasil putaran pertama, Indonesia berpeluang meraih poin melawan 4 tim selain Jepang.

Secara realistis, Timnas Indonesia berpeluang finis di posisi 3 atau 4. Namun, finis di posisi 2 di bawah Jepang pun tetap mungkin terjadi asalkan bisa mengalahkan Arab Saudi yang juga menjadi pesaing berat di grup ini.

Dari perhitungan matematis, Timnas Indonesia bisa meraih 19 poin jika: menang atas China; imbang lawan Jepang; menyapu bersih laga kandang lawan Arab Saudi, Bahrain, dan China; dan mencuri kemenangan di markas Australia.

Dengan skenario tersebut, posisi Indonesia dipastikan aman berada di posisi kedua Grup C di bawah Jepang untuk langsung lolos ke Piala Dunia 2026.

Yang pasti, laga melawan Bahrain, China, dan Australia tak boleh berakhir dengan kekalahan agar Indonesia tak keluar dari 4 besar, atau batas terakhir untuk lolos ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper