Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Ahmed Al Kaf, Wasit Bahrain vs Indonesia yang Berujung Seri

Profil Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf, wasit asal Oman yang memimpin pertandingan Bahrain vs Indonesia dengan hasil skor seri 2-2.
Skuad Timnas Indonesia saat melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. / Reuters-Hamad I Mohammed
Skuad Timnas Indonesia saat melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. / Reuters-Hamad I Mohammed

Bisnis.com, JAKARTA — Timnas Indonesia mesti berbesar hati menerima hasil seri dengan skor 2-2 saat melawan Bahrain dalam babak ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dalam pertandingan itu, sosok sang wasit kembali jadi sorotan.

Pertandingan Bahrain vs Indonesia berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa pada Kamis (10/10/2024) malam pukul 23.00 WIB.

Tuan rumah sempat unggul dengan gol tendangan bebas pada menit 15. Sepakan Mohamed Marhoon berhasil memberikan gol pertama bagi timnas Bahrain.

Pertandingan berlangsung sengit, dengan Indonesia yang berhasil menyamakan kedudukan pada akhir babak pertama. Memasuki paruh kedua, Timnas Garuda kembali menambah skor tetapi berhasil diimbangi oleh timnas Bahrain.

wasit pertandingan, yakni Ahmed Al Kaf menjadi sorotan dalam pertandingan itu. Sang wasit utama terbilang sebagai wasit senior karena sudah 14 tahun memimpin pertandingan internasional, atau sejak 2008.

Namun demikian, rekam jejak panjang itu tidak membuat Al Kaf lepas dari kontroversi.

Pada Maret 2024 lalu, Al Kaf menjadi hakim lapangan dalam laga Liga Champions Asia antara Al Nassr vs Al Ain. Dia mengeluarkan 10 kartu dalam satu pertandingan itu, yang terdiri dari 9 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Dia juga pernah memberikan keputusan kontroversial dalam Piala Asia U-23 2020. Saat memimpin laga Arab Saudi vs Thailand, keputusan VAR darinya dianggap menguntungkan Arab Saudi yang akhirnya menjadi pemenang pertandingan.

Kontroversi kembali muncul dalam pertandingan Bahrain vs Indonesia. Al Kaf dinilai tidak meniup pluit padahal waktu tambahan yang seharusnya lima menit sudah lewat tiga menit.

Masalahnya, keadaan itu dimanfaatkan oleh Timnas Bahrai untuk menyamakan kedudukan. Anehnya, setelah gol kedua Marhoon untuk Bahrain, Al Kaf langsung meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Berikut Profil Wasit Ahmed Al Kaf:

  • Nama Lengkap: Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf
  • Tempat, tanggal lahir: Oman, 6 Maret 1983
  • Debut karir: 2008, memimpin laga domestik di Oman
  • Lisensi FIFA: 2010, untuk memimpin laga internasional
  • Riwayat pertandingan: memimpin 114 pertandingan resmi
  • Total kartu dikeluarkan: 343 kartu kuning, 10 kartu merah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper