Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mewah, Harga Pasaran Pemain Timnas Indonesia Hampir 3 Kali Lipat Bahrain

Timnas Indonesia punya skuad yang terbilang lebih "mewah" jika dibandingkan dengan Bahrain yang akan dihadapi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
Skuad Timnas Indonesia punya harga pasaran lebih tinggi 3 kali lipat dari Bahrain / PSSI
Skuad Timnas Indonesia punya harga pasaran lebih tinggi 3 kali lipat dari Bahrain / PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia punya skuad yang terbilang lebih "mewah" jika dibandingkan dengan Bahrain yang akan dihadapi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Bahrain di Stadion Nasional Bahrain dalam matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (10/10/2024) malam.

Jelang pertandingan ini, Timnas Indonesia punya keunggulan atas Bahrain dalam komposisi pemain.

Pasalnya, nilai pasaran skuad Timnas Indonesia unggul jauh atas pasukan Bahrain pada pemanggilan kali ini.

Dilansir dari Transfermarkt, harga pasaran alias market value Timnas Indonesia mencapai 24,53 juta euro atau sekitar Rp426,28 miliar.

Bergabungnya 2 pemain yang baru saja dinaturalisasi yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders turut melambungkan market value skuad Timnas Indonesia.

Hilgers menjadi pemain Indonesia dengan harga pasaran termahal yakni mencapai Rp121,67 miliar. Sedangkan Eliano punya market value Rp11,3 miliar.

Mees menjadi pemain dengan harga pasaran termahal di antara negara-negara Asia Tenggara. Bahkan, pemain utama di FC Twente itu lebih mahal daripada satu skuad utuh Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Pengatur serangan Thom Haye ada di posisi kedua sebagai pemain dengan harga pasaran tertinggi, yakni Rp52,14 miliar.

Bek Venezia Jay Idzes memiliki nilai pasaran Rp43,45 miliar. Dia sejajar dengan bek kiri Timnas Indonesia, Calvin Verdonk.

Timnas Indonesia punya 16 pemain yang berlaga di liga luar negeri, atau sekitar 59% dari total pemain di skuad saat ini.

Hal itu sedikit banyak membuat harga pasaran Timnas Indonesia meningkat secara kumulatif.

Jika dibandingkan dengan Bahrain, Indonesia unggul hampir 3 kali lipat. Sebab skuad Bahrain hanya memiliki total harga pasaran Rp158,17 miliar.

Bahrain cuma punya 2 pemain yang tampil di luar kompetisi domestik mereka, yakni Moses Atede di Kuching City (Malaysia) dan Mohamed Marhoon di Kuwait SC (Kuwait).

Pemain termahal di skuad Bahrain saat ini adalah Ali Madan. Penyerang tim Al Riffa SC itu punya harga pasaran setara Thom Haye yakni Rp52,14 miliar.

Komail Al Aswad mencatatkan nilai pasaran tertinggi kedua di skuad Bahrain dengan Rp10,43 miliar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper