Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Jadi WNI, Ini Harapan Erick Thohir

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan harapannya kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).
Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders / PSSI.
Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan harapannya kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi merampungkan naturalisasi dengan mengambil sumpah setia WargaNegara Indonesia (WNI) pada Senin (30/9/2024).

Pengambilan sumpah WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dilakukan di Brussel, Belgia, lantaran kesibukan kedua pemain tersebut.

Erick Thohir mengapresiasi setinggi-tingginya usaha semua pihak yang membantu proses naturalisasi ini, mulai dari Presiden Joko Widodo, DPR, jajaran Kemenkumham, dan Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Erick, percepatan pengurusan naturaliasi terhadap Mees dan Eliano di luar negeri bukanlah hal yang spesial, namun lebih kepada fleksibilitas mengingat waktu dan kebutuhan.

Kedua pemain itu dikebut agar bisa membela Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Bahrain dan China bulan ini.

"Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia, sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas Indonesia berlaga melawan Bahrain dan Cina, Oktober nanti. Ini kerja sama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia," tutur Erick Thohir di Jakarta, Senin (30/9/2024).

Sebelum pengambilan sumpah setia pewarganegaraan Mees dan Eliano dilaksanakan di Brussel, gerak cepat dilakukan PSSI dalam kurun waktu seminggu.

PSSI mengebut pembahasan di Komisi III dan X DPR yang langsung mengesahkan persetujuan pada Kamis (26/9/2024).

Do hari yang sama Erick Thohir bertemu dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, untuk pembahasan pengambilan sumpah WNI di luar negeri.

Pada akhirnya terbitlah Keputusan Presiden yang berujung pada pengambilan sumpah Mees dan Eliano sebagai warga negara Indonesia di luar negeri.

Pengambilan sumpah setia pewarganegaraan Mees dan Eliano dihadiri wakil dari Kemenkumham, Dirjen AHU (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum) Cahyo Rahadian Muzhar, yang disaksikan Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

"Saya sangat berharap dukungan yang sudah diberikan maksimal dari semua pihak akan makin memperkuat timnas di dua laga tandang yang sangat krusial melawan tim Bahrain dan China," ucap Erick.

Kehadiran kedua pemain baru itu membuat Erick makin optimistis dengan peluang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, punya lebih banyak pemain dan variasi taktik yang bisa dimainkan.

Tim Merah Putih dijadwalkan menjalani tandang melawan Bahrain pada Kamis (10/10/2024) dan China pada Selasa (15/10/2024).

Eliano Reijnders saat ini bermain di klub liga Belanda Eredivisie, PEC Zwolle. Dia adalah adik kandung dari gelandang klub AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reinjders.

Pemain berusia 23 tahun itu memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Angelina Syane Lekatompessy, yang berasal dari Ambon dan lahir di Jakarta.

Mees Hilgers yang juga berusia 23 tahun memiliki darah Indonesia dari sang Ibu, Linda Tombeng, yang berasal dari Sulawesi Utara.

Mees menjadi pemain utama di lini belakang FC Twente yang pekan lalu sukses menahan imbang 1-1 klub raksasa liga Inggris, Manchester United, di ajang Europa League.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper