Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polusi Sungai Seine Meningkat, Latihan Renang Triatlon Dibatalkan

Sesi latihan renang triatlon Olimpiade Paris 2024 yang dijadwalkan pada hari ini dibatalkan karena kondisi Sungai Seine tak memungkinkan.
Wali Kota Paris Anne Hidalgo berenang di Sungai Seine jelang Olimpiade Paris 2024 / Reuters-Abdul Saboor
Wali Kota Paris Anne Hidalgo berenang di Sungai Seine jelang Olimpiade Paris 2024 / Reuters-Abdul Saboor

Bisnis.com, JAKARTA - Sesi latihan renang triatlon Olimpiade Paris 2024 yang dijadwalkan pada hari ini dibatalkan karena kondisi Sungai Seine tak memungkinkan.

Hujan lebat baru-baru ini yang mengguyur Paris, Prancis, memengaruhi tingkat polusi di Sungai Seine, kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters.

Banyak pihak yang berharap atlet triatlon Olimpiade Paris 2024 diizinkan berenang di Sungai Seine saat kompetisi dimulai pada hari Selasa (30/7/2024).

Pemerintah Prancis telah menginvestasikan 1,4 miliar euro dalam infrastruktur air limbah baru untuk mengurangi tingkat pembuangan limbah dan membuat Sungai Seine dapat digunakan oleh penduduk sebagai warisan utama Olimpiade Paris 2024.

Wali Kota Paris Anne Hidalgo berenang di Sungai Seine pada tanggal 17 Juli untuk mencoba meyakinkan para pengkritik bahwa air di sungai tersebut cukup bersih bagi para atlet yang akan bertanding. Sungai Seine, lanjut Hidalgo, sudah sering digunakan sejak Olimpiade 1900.

Namun, cuaca buruk yang melanda Paris membuat tingkat polusi di Sungai Seine tak bisa dibendung dan membuat latihan triatlon harus ditunda.

"Kami mengalami hujan, tetapi semua yang telah dilakukan telah berhasil mencegah terjadinya luapan air sehingga saya pikir kami akan segera mencapai kualitas air yang memuaskan, tetapi itu juga akan tergantung pada ramalan cuaca," kata Wakil Wali Kota Paris untuk Olahraga dalam konferensi pers, dilansir dari Reuters, Minggu (28/7/2024).

Uji coba yang dilakukan di Sungai Seine pada hari Sabtu (27/7/2024) mengungkapkan "tingkat kualitas air yang menurut pandangan federasi internasional, World Triathlon, tidak memberikan jaminan yang cukup untuk memungkinkan latihan", kata penyelenggara Olimpiade Paris 2024.

"Hal ini disebabkan oleh hujan yang turun di Paris pada tanggal 26-27 Juli," bunyi pernyataan penyelenggara.

Penyelenggara menambahkan bahwa ramalan cuaca cerah dan suhu yang lebih tinggi terjadi dalam 48 jam ke depan.

Sehingga, mereka yakin kualitas air akan membaik lagi sebelum nomor triatlon dilombakan pada hari Selasa (30/7/2024) dengan kategori putra terlebih dahulu.

World Triathlon bertemu dengan otoritas kota Paris pada pukul 4 pagi setiap hari sebelum latihan triatlon atau perlombaan untuk menganalisis hasil uji air terbaru.

Dari situ mereka memutuskan apakah Sungai Seine cukup bersih untuk atlet berenang di Olimpiade Paris 2024.

Pada bulan Mei, Kota Paris meluncurkan cekungan penyimpanan baru berukuran 46.000 meter kubik yang dimaksudkan untuk menampung air hujan dan air limbah guna mengurangi tingkat polusi di Sungai Seine.

Terlepas dari triatlon, sesi pengenalan jalur lari dan bersepeda berlangsung sesuai rencana pada hari Minggu (28/7/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper