Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sabet Emas Gaya Bebas 800 meter, Perenang Ledecky Raih Emas Kesembilan di Olimpiade

Ratu renang Katie Ledecky dari Amerika Serikat meraih emas Olimpiade Paris dalam nomor spesialisasinya, gaya bebas 800 meter.
Ratu renang Katie Ledecky dari Amerika Serikat. /REUTERSE-Evgenia Novozhenina
Ratu renang Katie Ledecky dari Amerika Serikat. /REUTERSE-Evgenia Novozhenina

Bisnis.com, JAKARTA - Ratu renang Katie Ledecky dari Amerika Serikat meraih emas Olimpiade Paris dalam nomor spesialisasinya, gaya bebas 800 meter.

Sebelumnya, perenang Prancis Leon Marchand berhasil membuat gempar Olimpiade Paris dengan torehan empat medali emas spektakuler.

Kini, Ledecky menobatkan diri menjadi ratu renang Olimpiade wanita setelah memenangkan medali emas kesembilan untuk menyamai rekor pesenam Rusia, Larisa Latynina.

“Minggu ini, Anda tahu, ada pasang surut seperti pertemuan lainnya,” kata Ledecky, yang hasil tangkapannya di Paris juga mencakup emas di nomor 1.500, perak di estafet gaya bebas 4x200, dan perunggu di nomor 400m gaya bebas.

“Saya tahu saya hanya harus fokus pada balapan, tidak fokus pada waktu, hanya fokus menyelesaikan pekerjaan, mendengarkan lagu kebangsaan di akhir balapan sebanyak yang saya bisa.”

Berbeda sekali dengan kemenangan besar Ledecky di nomor 1.500m, gaya bebas 800m berlangsung menegangkan dari awal hingga akhir, Ariarne Titmus dari Australia memberikan perlawanan tanpa henti ke Ledecky.

Namun dengan kecepatan yang tiada henti, Ledecky menjadi yang pertama mencapai tembok dalam waktu 8 menit, 11,04 detik.

Paige Madden meraih perunggu untuk Amerika Serikat.

“Saya tahu ini akan menjadi balapan yang sulit,” kata Ledecky. “Saya merasa percaya diri namun saya tahu ini akan sulit, apa pun yang terjadi hingga finis.

“Saya memiliki kecepatan awal yang bagus, dan saya dapat pulang dengan susah payah, dan saya dapat mempercayai ketahanan saya.

"Saya tahu saya hanya perlu untuk tetap tenang melalui hal itu dan benar-benar mencoba untuk maju selangkah demi selangkah, dan saya pikir saya melakukan pekerjaan itu dengan cukup baik."

Ini menandai Olimpiade keempat berturut-turut Ledecky memenangkan nomor 800m bebas, dan dia bergabung dengan rekan senegaranya Michael Phelps sebagai satu-satunya perenang yang memenangkan emas di empat Olimpiade berbeda.

“Mengingat hanya Michael yang pernah melakukan hal itu, saya pikir itu menunjukkan betapa sulitnya hal itu,” kata Ledecky. "Terutama di tahun 800. Jaraknya jauh sekali."

Nomor 800m menjadi yang terakhir diikuti Ledecky di Olimpiade Paris setelah menambah dua medali emas, satu perak dan satu perunggu, menjadikan persediaan Olimpiadenya menjadi 14 medali secara keseluruhan - dengan kemungkinan lebih banyak.

Perenang berusia 27 tahun itu mengakui belum bisa memastikan bisa mengikuti Olimpiade di kandang sendiri di Los Angeles pada 2028 meski dirinya penasaran.

"Saya ingin melakukannya," Ledecky tersenyum. “Kita lihat saja nanti, maksudku, itu tidak mudah.

“Sekali lagi, saya akan menjalaninya dari tahun ke tahun, dan kita lihat saja nanti, saya akan memberikan semua yang saya punya selama yang tersisa di dalam diri saya.”
 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper