Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indra Sjafri Tegaskan Juara Piala AFF U-19 Bukan Target Utama Timnas Indonesia

Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri menyebut bahwa Piala AFF U-19 2024 hanyalah sasaran antara buat anak asuhnya.
Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri bicara soal target di Piala AFF U-19 2024 / PSSI.
Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri bicara soal target di Piala AFF U-19 2024 / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri menyebut bahwa Piala AFF U-19 2024 hanyalah sasaran antara buat anak asuhnya.

Tim U-19 Indonesia akan memulai turnamen Piala AFF U-19 2024 dengan melawan Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam.

Timnas U-19 Indonesia membawa 23 pemain untuk Piala AFF U-19 2024 yang telah menjalani proses seleksi bersama pelatih Indra Sjafri.

Indra mengatakan bahwa ke-23 pemain Timnas U-19 Indonesia sudah melewati beberapa tahap penyaringan.

"Ada 28 pemain yang kami bawa ke Surabaya. Ada evaluasi setiap individu pemain. Setiap pemilihan secara obyektif," ucap Indra Sjafri dalam jumpa pers jelang laga, Selasa (16/7/2024).

Sebelumnya, pada pemusatan latihan pertama, Timnas U-19 Indonesia memanggil 44 pemain dan melakukan sistem promosi-degradasi untuk menyeleksi.

Pada akhirnya tersaring 28 pemain untuk pemusatan latihan di Surabaya dan disaring lagi menjadi 23 pemain sesuai regulasi Piala AFF U-19 2024.

"Seleksi ini tidak hanya tentang pemilihan talenta di lapangan tapi juga tentang attitude pemain di luar lapangan, juga ada psikotes. Kami bicara tidak orang per orang tapi secara permainan, kolektif yang kita pilih secara obyektif," tutur Indra.

Indra menegaskan bahwa Piala AFF U-19 2024 bukanlah target utama buat Timnas U-19 Indonesia.

Garuda Muda akan memanfaatkan turnamen level Asia Tenggara ini sebagai persiapan menjelang Piala Asia U-20 pada September mendatang.

"Turnamen ini saya gunakan sebagai ajang sasaran antara untuk mengikuti Piala Asia U-20 di bulan September," katanya.

Sementara mengenai tim lawan, Filipina, Indra menilai banyak perubahan yang terjadi di semua negara peserta Grup A Piala AFF U-19 2024.

Indra tak mau anak asuhnya menganggap remeh siapapun lawan yang dihadapi nanti, termasuk Filipina.

"Semua tim peserta Grup A bagus, ada banyak perubahan, pembinaan di setiap negara. Jadi kami tidak akan menganggap remeh lawan. Kami tidak terlalu jauh mengomentari lawan, kami fokus pada tim sendiri. Tentu saja kami ingin menang," kata pelatih yang membawa Timnas U-19 Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 itu.

Meski bukan sasaran utama, Indra berjanji akan berusaha untuk memenuhi target dari PSSI untuk Timnas U-19 Indonesia.

Pelatih asal Sumatra Barat itu juga meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia untuk kesuksesan Garuda Muda.

"Saya akan berusaha memenuhi target. Tapi jangan digiring saya menjadi seperti Tuhan. Karena saya hanya manusia dan akan berusaha maksimal tentang pemenuhan target itu," ucap Indra.

Sementara itu, pelatih Filipina Josep Maria Ferre mengatakan bahwa Indonesia tim yang bagus dan dengan persiapan yang bagus juga.

Josep membandingkan dengan persiapan timnya yang hanya selama 3 bulan. Namun dia menilai Filipina terus berkembang dengan baik.

"Mereka memiliki pemain yang bagus. Saya sangat terkejut dengan kerja bagus tim Indonesia. Apalagi mereka mempersiapkan turnamen ini dengan baik," katanya.

Indonesia akan menghadapi Filipina pada pukul 19.30 WIB. Sebelum laga itu ada duel Timor Leste vs Kamboja pukul 15.00 WIB di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper