Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lengkap! Pernyataan Bahrain Minta Pertandingan Lawan Timnas Tak Digelar di RI

Bahrain Football Association (BFA) mendesak agar pertandingan melawan Timnas Indonesia tidak digelar di Indonesia. Berikut pernyataan lengkapnya.
Sepak Bola-Piala Dunia Kualifikasi Asia Babak Ketiga Grup C Bahrain vs Indonesia di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Bahrain - 10 Oktober 2024 Para pemain Bahrain berpose untuk foto grup tim sebelum pertandingan/REUTERS-Hamad I Mohammed
Sepak Bola-Piala Dunia Kualifikasi Asia Babak Ketiga Grup C Bahrain vs Indonesia di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Bahrain - 10 Oktober 2024 Para pemain Bahrain berpose untuk foto grup tim sebelum pertandingan/REUTERS-Hamad I Mohammed

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Bahrain atau Bahrain Football Association (BFA) mendesak agar pertandingan melawan Tim Nasional (Timnas) Indonesia tidak digelar di Tanah Air. Pertandingan Timnas Indonesia vs Bahrain rencananya bakal digelar pada 25 Maret 2025.

Permintaan tersebut disampaikan Bahrain Football Association (BFA) kepada FIFA dan AFC melalui pernyataan resmi pada Rabu (16/10/2024).

BFA beralasan permintaan memindahkan lokasi pertandingan di luar Indonesia dilakukan demi keselamatan Timnas Bahrain.

"Asosiasi akan mengajukan permohonan untuk memindahkan pertandingan dari Indonesia demi menjaga keselamatan tim nasional, karena hal ini merupakan prioritas utama, terutama karena FIFA dan AFC terutama memperhatikan keselamatan tim yang berpartisipasi dalam kompetisi," tulis BFA dalam pernyataan resminya.

Selain itu, BFA juga mengaku telah melaporkan terkait dengan ancaman yang didapatkan tim nasionalnya usai laga pertandingan Bahrain vs Indonesia pada 10 Oktober 2024 lalu.

"Sejalan dengan keinginan asosiasi sepak bola Bahrain untuk menjamin keselamatan anggotanya, khususnya anggota tim nasional, asosiasi sedang dalam proses menyampaikan kepada FIFA dan AFC untuk memberitahukan tentang perilaku tidak dapat diterima yang telah dilakukan oleh asosiasi Bahrain, serta tindakan yang mengancam, menghina, dan mencemarkan nama baik yang dapat membahayakan keselamatan anggota tim nasional saat menghadapi tim nasional Indonesia," ujarnya.

Berikut pernyataan lengkap Bahrain Football Association (BFA):

Persatuan Sepak Bola Bahrain telah menindaklanjuti kejadian selama beberapa hari terakhir, perilaku yang tidak dapat diterima dan tidak bertanggung jawab dari para penggemar Indonesia terhadap Persatuan Sepak Bola Bahrain dan para pemain Tim Nasional Bahrain, menyusul pertandingan tim nasional kita melawan Indonesia di babak ketiga kualifikasi AFC Asia untuk Piala Dunia FIFA 2026

Oleh karena itu Persatuan Sepak Bola Bahrain ingin mengklarifikasi hal-hal berikut:

1. Persatuan Sepak Bola Bahrain menyampaikan kecaman keras atas perilaku tidak bertanggung jawab dari para fans Tim Nasional Indonesia melalui dunia maya. Situs web Persatuan Sepak Bola Bahrain, akun media sosial, dan sistem korespondensi elektronik menjadi sasaran serangkaian penghinaan, fitnah, ancaman, dan operasi peretasan sebagai langkah yang sama sekali tidak dapat diterima yang tidak mencerminkan tujuan mulia olahraga secara umum dan sepak bola secara khusus, dalam menyatukan orang-orang dari seluruh dunia terutama karena komentar-komentar ofensif yang diterima akun dan situs web Persatuan Sepak Bola Bahrain, selain akun para pemain tim nasional dan penggemar Bahrain, tidak ada hubungannya dengan norma-norma olahraga. Mengingat hal tersebut, asosiasi menyatakan ketidakpuasan yang mendalam atas tindakan yang meresahkan dan tidak dapat diterima tersebut, karena tidak sesuai dengan asas, nilai, dan norma Islam, serta tidak mencerminkan kemajuan dan perkembangan suatu negara.

2. Sejalan dengan keinginan Asosiasi Sepak Bola Bahrain untuk menjamin keselamatan anggotanya, khususnya anggota tim nasional, asosiasi sedang dalam proses menyampaikan kepada FIFA dan AFC untuk memberitahukan tentang perilaku tidak dapat diterima yang telah dilakukan oleh asosiasi Bahrain, serta tindakan yang mengancam, menghina, dan mencemarkan nama baik yang dapat membahayakan keselamatan anggota tim nasional saat menghadapi Tim Nasional Indonesia dalam pertandingan tandang di ibu kota, Jakarta. Asosiasi akan mengajukan permohonan untuk memindahkan pertandingan dari Indonesia demi menjaga keselamatan tim nasional, karena hal ini merupakan prioritas utama, terutama karena FIFA dan AFC terutama memperhatikan keselamatan tim yang berpartisipasi dalam kompetisi mereka.

3. Persatuan Sepak Bola Bahrain menyatakan keterkejutannya yang amat besar atas berbagai ancaman pembunuhan yang diterima oleh para anggota tim di akun media sosial pribadi mereka - sebuah tindakan yang mencerminkan ketidakpedulian masyarakat Indonesia terhadap kehidupan manusia. Hal-hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya di stadion olahraga dan sama sekali jauh dari olahraga, di mana terdapat rasa saling menghormati dan menghargai di antara para anggotanya. Persatuan menolak untuk mengekspos kehidupan para anggota tim terhadap potensi bahaya apa pun, terutama karena tindakan para penggemar Indonesia sama sekali tidak dapat diterima dan tidak benar, serta sama sekali tidak ada hubungannya dengan anggota sepak bola: sementara Persatuan Sepak Bola Bahrain, bekerja sama dengan berbagai sektor negara, masing-masing di bidangnya sendiri, telah berupaya keras untuk menyediakan fasilitas yang diperlukan bagi para penggemar Indonesia untuk masuk ke Bahrain dalam rangka persiapan untuk mendukung tim negara mereka dalam pertandingan melawan tim nasional kita, dengan jumlah yang melebihi 2.000 penggemar, selain memfasilitasi prosedur untuk memasuki stadion pada hari pertandingan dan mengalokasikan ruang yang sesuai, dengan cara yang konsisten dengan standar dan persyaratan yang mengatur kualifikasi.

4. Sembari menegaskan penolakan penuh terhadap berbagai kampanye ofensif, serangan siber, dan berbagai kata-kata yang mengancam, asosiasi akan meminta bantuan organisasi-organisasi internasional, hak asasi manusia, organisasi islam dan hak asasi manusia, serta asosiasi wartawan: untuk menjadi saksi atas berbagai risiko yang mungkin dihadapi tim dan untuk menunjukkan dampak kampanye ini dalam hal mendistorsi jalannya sepak bola dan tujuan-tujuan mulianya yang dikenal secara internasional yang didasarkan pada rasa saling menghormati dan sportivitas yang tinggi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper