Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Media China Sebut Timnas Indonesia Akan Dapat Sanksi Pengurangan Poin karena Hal Ini

Media China Sohu menyebut Timnas Indonesia terancam sanksi pengurangan poin usai laga kontra Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
Timnas Indonesia/ REUTERS-Hamad I Mohammed
Timnas Indonesia/ REUTERS-Hamad I Mohammed

Bisnis.com, JAKARTA - Media China Sohu menyebut Timnas Indonesia terancam sanksi pengurangan poin usai laga kontra Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan menghadapi China dalam matchday keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (15/10/2024).

Jelang laga tersebut, media China Sohu menyebut Timnas Indonesia akan mendapat sanksi tegas dari AFC akibat keributan selepas laga kontra Bahrain, Kamis (10/10/2024).

Keributan terjadi setelah wasit yang memimpin laga Bahrain vs Timnas Indonesia, Ahmed Al Kaf, meniup peluit panjang.

Pemain-pemain Timnas Indonesia memprotes keputusan Ahmed yang melanjutkan injury time hingga 9 menit, melebihi waktu 6 menit yang diberikan.

Akibatnya, Bahrain mampu mencetak gol penyeimbang pada menit ke-90+9 dan Timnas Indonesia harus puas berbagi angka 2-2.

Keributan di lapangan sempat diwarnai kartu merah untuk manajer Timnas Indonesia Sumardji.

Tak hanya itu, banyak pemain dan ofisial Tim Garuda yang juga menyampaikan protes dengan keras.

"Usai pertandingan, pemain Indonesia dan Bahrain yang marah sempat bentrok dengan keras. Bek pengganti Shayne Pattynama melambaikan tangan dengan nada menghina ke arah wasit. Petugas keamanan stadion akhirnya turun ke lapangan untuk mengendalikan situasi dan mengisolasi pemain dari kedua kubu yang berkonflik," tulis pemberitaan media China, Sohu.

Karena keributan tersebut, Timnas Indonesia, lanjut Sohu, terancam sanksi dari AFC selaku federasi sepak bola Asia.

Tak hanya Indonesia, Bahrain juga disebut terancam menerima sanksi pengurangan poin akibat pertandingan tersebut.

"Atas perilaku buruk pemain Indonesia usai pertandingan, AFC bisa saja memberikan sanksi kepada kedua belah pihak yang terlibat, sehingga kedua tim terancam sanksi berat berupa pengurangan poin dari AFC," tulis Sohu.

Jika sanksi pengurangan poin benar diberikan, situasi ini akan menguntungkan China yang saat ini mendekam di posisi juru kunci Grup C dengan catatan nirpoin.

Indonesia di posisi keempat klasemen dengan 3 poin hasil dari 3 kali imbang. Bahrain mengoleksi 4 poin dari 1 kali menang, 1 kali imbang, dan 1 kali kalah.

"Tim China akan berada di posisi yang bagus dan timnas China nantinya bisa menyalip Indonesia dan Bahrain, lolos dari grup, dan lolos ke babak play-off," tulis media tersebut.

Meski demikian belum ada keterangan resmi dari AFC soal ancaman hukuman atau penyelidikan yang dilakukan terhadap Timnas Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper