Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbandingan Ranking FIFA Indonesia dan Bahrain Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Menilik perbandingan ranking FIFA Indonesia vs Bahrain jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026
Skuad Timnas Indonesia saat melawan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 / Reuters.
Skuad Timnas Indonesia saat melawan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 / Reuters.

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia akan menggelar pertandingan melawan Bahrain di kualifikasi Piala Dunia 2026 pada hari ini, Kamis (10/10/2024).

Skuad Garuda siap merebut poin untuk bisa lolos menjadi juara Grup C bersama dengan Jepang. Bahrain pun menjadi lawan yang tak boleh diremehkan.

Berdasarkan ranking FIFA, Indonesia dan Bahrain memiliki jarak yang lumayan jauh. Muharabi Dilmun-julukan Bahrain-saat ini berada di posisi 76 dunia.

Posisi tersebut mengalami kenaikan 4 angka, dari yang semula 80 ke 76. Kenaikan ini disebabkan dari hasil mengelahkan Australia di laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bahrain juga pernah memiliki rekor ranking FIFA tertinggi pada 1 September 2004, di mana saat itu mereka berada di posisi 44 dunia.

Sedangkan Indonesia berada jauh di bawah Bahrain dengan selisih 53 posisi. Skuad Garuda berada di peringkat 129, di mana angka ini mengalami kenaikan setelah menahan imbang Arab Saudi dan Australia.

Kemudian dalam sejarah ranking FIFA, Indonesia pernah menduduki peringkat tertinggi di angka 76 pada September 1998.

Sedangkan peringkat terburuk Indonesia terjadi pada Agustus 2016, yakni berada di posisi 191 ranking FIFA.

Prediksi Ranking FIFA Indonesia

Timnas Indonesia berada di posisi 129 FIFA dan naik 4 setrip dari posisi 133 ranking FIFA pada Juli. Garuda kini mengumpulkan 1.124,17 poin berkat tambahan 15,44 poin dari 2 pertandingan.

Tambahan poin itu didapatkan Timnas Indonesia usai menahan imbang 2 tim elite Asia, Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0), dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bila Indonesia berhasil bertahan imbang, atau memenangkan laga atas Bahrain dan China. Ranking FIFA skuad Garuda dipastikan akan meningkat dratis.

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan, Indonesia bisa menembus peringkat 120 bila menang melawan Bahrain dan China.

“Bahkan dari 129 bisa ke 120. Berarti bisa makin dekat dengan Vietnam,” tutur bung Ropan, sapaan akrabnya, dikutip dari kanal YouTube Bung Ropan, Senin (30/9/2024).

Ia menyebutkan, Indonesia bisa mengemas 16,88 poin bila menang lawan Bahrain. Kemudian akan menambah 15,54 poin bila berhasil menekuk China.

“Jika digabung poin antara Bahrain dan China, total kita akan mendapat 32,43 poin. Ini luar biasa. Total rangking FIFA dengan dua pertandingan tadi, kita akan dapat 1156,61. Kita bisa tembus masuk ke 120,” lanjutnya.

Dengan naiknya ranking Indonesia, maka Indonesia semakin dekat untuk mengalahkan Thailand dan Vietnam.

Adapun Thailand saat ini berada di peringkat 100, dan Vietnam berada di ranking 116.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa Indonesia memiliki mimpi untuk bisa menembus ranking 100 dunia.

"Dua hasil imbang melawan negara langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia membuat peringkat Indonesia di ranking FIFA naik. Ini menjadi bukti keseriusan kami untuk membawa Garuda terbang tinggi. Belum cukup, karena mimpi kami bisa membawa Garuda menembus 100 besar dunia, " kata Erick Thohir dikutip dari situs resmi PSSI.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper