Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Indonesia Disebut Latihan Tak Serius, Jawaban STY dan Ekspresi Verdonk Viral

Dalam sesi konferensi pers Timnas Indonesia, wartawan menanyakan perihal latihan Tim Garuda yang dinilai tak serius kepada Shin Tae-yong dan Calvin Verdonk.
Bek kiri Timnas Indonesia Calvin Verdonk / PSSI
Bek kiri Timnas Indonesia Calvin Verdonk / PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sesi konferensi pers Timnas Indonesia, wartawan menanyakan perihal latihan Tim Garuda yang dinilai tak serius kepada pelatih Shin Tae-yong dan bek kiri Calvin Verdonk.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengajak Calvin Verdonk untuk mendampinginya dalam sesi konferensi pers jelang laga kontra Bahrain, Kamis (10/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Shin dan Verdonk membeberkan kondisi terkini dan persiapan Timnas Indonesia untuk menghadapi Bahrain.

Ada satu pertanyaan unik dari wartawan yang diberikan kepada perwakilan Timnas Indonesia itu.

Sang wartawan mempertanyakan sesi latihan Timnas Indonesia yang seolah tidak serius. Sebab, dia melihat di media sosial para pemain bisa tertawa dan bercanda saat latihan.

Wartawan juga mempertanyakan fokus para pemain mengingat pertemuan terakhir kontra Bahrain berakhir dengan kekalahan 0-10 untuk Indonesia.

"Kami mengikuti media sosial Indonesia 10 hari terakhir atau dua minggu terakhir juga selama dua hari di Bahrain. Kami melihat latihan Timnas Indonesia, videonya seperti latihan lucu-lucuan. Jadi apakah pertandingan ini sangat penting bagi pemain karena dari yang saya lihat, persiapan Indonesia seperti lucu-lucuan dan tidak fokus kepada pertandingan," tanya wartawan.

Mendengar pertanyaan itu, Shin menjawab dengan bijak bahwa dirinya ingin memberikan energi positif di Timnas Indonesia.

"Saya sering menekankan ke pemain kalau mereka harus menikmati selama sesi latihan. Itu alasan energi mereka naik, jadi sikap dan energi mereka selalu baik," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers.

Sementara terkait skor 0-10 saat Timnas Indonesia bertandang ke Bahrain pada 2012, Shin mengaku baru mengetahuinya.

"Saya baru mendengar fakta ini kemarin dan masa lalu adalah masa lalu. Apa yang sudah selesai ya sudah selesai, tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi besok (nanti malam)," ujar Shin.

Selain jawaban Shin, ekspresi Calvin Verdonk juga viral di media sosial menanggapi pertanyaan tersebut.

Pemain NEC Nijmegen itu awalnya serius mendengarkan pertanyaan dari wartawan terkait Timnas Indonesia yang dinilai tak serius dan tak fokus latihan.

Namun saat pertanyaan selesai, pemain 27 tahun itu memberikan senyum misterius yang dinilai sebagai bentuk ancaman kepada Bahrain.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper