Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PON XXI Aceh-Sumut Dievaluasi Satgas Tata Kelola, Menpora: Mayoritas Atlet Happy

Menpora Republik Indonesia Dito Ariotedjo angkat bicara terkait pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di Gedung DPR RI, Selasa (17/9/2024). JIBI/Annisa Nurul Amara
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di Gedung DPR RI, Selasa (17/9/2024). JIBI/Annisa Nurul Amara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo angkat bicara terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Menpora Dito Ariotedjo menegaskan bahwa penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 dievaluasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dito menyebut, wewenang evaluasi PON langsung diambil alih oleh Satuan Tugas (Satgas) Tata Kelola.

Satgas Tata Kelola ini dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No.24 Tahun 2024 untuk memastikan seluruh proses penyelenggaraan PON berjalan dengan baik dan sesuai aturan.

"Di PON itu sudah ada Keppres Tata Kelola yang dipimpin Jaksa Agung, di dalamnya ada juga Kabareskrim Polri, Jamintel, Jamdatun, Deputi BPKP, dan Deputi LKPP, jadi seluruh yang terjadi di dalamnya [PON] akan di-assessment semua," ucap Menpora Dito Ariotedjo dilansir dari laman resmi Kemenpora, Kamis (26/9/2024).

PON XXI merupakan PON pertama yang dilaksanakan di dua provinsi dengan melibatkan sekitar 13 ribu atlet dan 39 ribu ofisial dari seluruh Indonesia.

Dito mengatakan bahwa evaluasi dari Satgas Tata Kelola penting untuk memastikan penyelenggaraan berjalan lancar dan merespons keluhan yang muncul di masyarakat.

"Terkait viralnya itu saya tidak ingin semuanya merembet ke mana-mana seolah-olah itu ada korupsi dan sebagainya. Makanya langsung kita sampaikan, karena di PON ini ada Satgas Tata Kelola. Apapun yang masyarakat keluhkan pasti akan dibuktikan ketika ini sudah selesai," tutur Dito.

Dito turut mengapresiasi kolaborasi pemerintah pusat dan daerah dalam menyukseskan PON Aceh-Sumut.

Politisi Partai Golkar itu juga menyoroti pentingnya komunikasi dan humas yang kuat dari masing-masing daerah tuan rumah untuk menyebarkan informasi positif terkait penyelenggaraan PON XXI.

"Kita harus apresiasi juga dari 65 venue yang disiapkan Aceh dan Sumut ini mayoritas selesai tanpa cacat dan bagus. Untuk kontingen, pemda, peserta, dan atlet itu mayoritas happy," ucap Dito.

Lebih lanjut, dia berharap pelaksanaan PON selanjutnya lebih berorientasi pada persiapan menuju Olimpiade atau minimal Asian Games, dengan fokus pada cabang olahraga yang relevan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper