Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petinju Imane Khelif yang Bikin Heboh Olimpiade Paris Semakin Dekat Raih Emas

Petinju Aljazair Imane Khelif, semakin dekat meraih medali emas tinju Olimpiade Paris 2024 setelah lolos ke babak semifinal.
Petinju Imane Khelif dari Aljazair (kanan) berhadapan dengan Anna Luca Hamori asal Hungary di perempat final tinju kelas 66Kg di Olimpiade Paris 2024/ REUTERS-Peter Cziborra
Petinju Imane Khelif dari Aljazair (kanan) berhadapan dengan Anna Luca Hamori asal Hungary di perempat final tinju kelas 66Kg di Olimpiade Paris 2024/ REUTERS-Peter Cziborra

Bisnis.com, JAKARTA - Petinju Aljazair Imane Khelif, semakin dekat meraih medali emas tinju Olimpiade Paris 2024 setelah lolos ke babak semifinal.

Petenis berusia 25 tahun itu dipastikan meraih medali Olimpiade Paris usai mengalahkan petinju Hongaria Luca Anna Hamori dengan keputusan bulat di babak perempat final kelas welter, Sabtu (4/8/2024).

Lolosnya Khelif membuat Aljazair memastikan setidaknya satu medali perunggu – medali tinju pertama Aljazair sejak tahun 2000.

“Tidak ada jalan yang mudah di Olimpiade, dan saya akan berusaha untuk sepenuhnya siap menghadapi pertarungan mendatang,” kata Khelif kepada televisi pemerintah Aljazair setelah kemenangannya.

“Saya sangat bangga pada diri saya sendiri dan negara saya. Saya berjuang demi bendera negara saya dan untuk olahraga yang sangat saya cintai, dan saya berharap menjadi juara Olimpiade setelah memenangkan medali pertama tinju putri Olimpiade untuk Aljazair, demi kepentingan Aljazair. dari generasi berikutnya."

Khelif mendedikasikan medalinya untuk petinju Moustafa Mousa, orang Aljazair pertama yang memenangkan medali Olimpiade, yang meninggal pada hari Sabtu.

Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune mengucapkan selamat kepada Khelif atas kemenangannya dalam sebuah postingan di X, dengan menulis: "Anda telah menghormati Aljazair, wanita Aljazair, dan tinju Aljazair.

“Kami akan mendukung Anda apa pun hasil Anda. Semoga beruntung di dua putaran berikutnya.”

Menteri Olahraga Aljazair Abderrahmane Hammad mengatakan Khelif adalah sosok yang unik.

Khelif akan menghadapi Janjaem Suwannapheng dari Thailand, yang ia kalahkan di Kejuaraan Dunia 2023 sebelum didiskualifikasi, di semifinal hari Selasa.

Suwannapheng mengalahkan juara bertahan Busenaz Surmeneli dari Turki dalam pertarungan perempat finalnya.

“Saya tahu petinju Aljazair itu sangat kuat dan saya akan mencoba menonton videonya untuk mempelajari taktiknya dan mengoreksi taktik saya,” kata Suwannapheng tentang Khelif.

Ditanya apakah Khelif harus diizinkan berkompetisi di Olimpiade, peraih medali perak Asian Games itu berkata: "Saya tidak tahu tapi saya tidak takut menghadapinya di level ini. Saya akan melakukan yang terbaik."

Khelif dan petinju Lin Yu-ting dari Taiwan, melanggar aturan kelayakan Asosiasi Tinju Internasional (IBA) pada tahun 2023, termasuk melarang atlet dengan kromosom XY berkompetisi di nomor putri.

Kedua petinju tersebut didiskualifikasi pada Kejuaraan Dunia 2023 di New Delhi.

IBA tidak merinci alasan kegagalannya, dan belum terbukti bahwa mereka memiliki kondisi genetik yang menyebabkan perbedaan perkembangan seksual, atau DSD.

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach pada Sabtu mengatakan "tidak ada keraguan" bahwa Khelif dan Lin adalah perempuan yang berhak berkompetisi di Olimpiade Paris.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper