Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cetak Sejarah, Real Madrid Bukukan Pendapatan 1 Miliar Euro Setahun

Real Madrid menjadi yang klub olahraga pertama yang meraup pendapatan hingga 1,073 miliar euro atau sekitar Rp17,5 triliun dalam setahun.
Real Madrid menjadi klub pertama yang meraih pendapatan 1 miliar euro / Reuters-Susana Vera.
Real Madrid menjadi klub pertama yang meraih pendapatan 1 miliar euro / Reuters-Susana Vera.

Bisnis.com, JAKARTA - Klub asal Spanyol Real Madrid menjadi yang pertama meraup pendapatan hingga 1,073 miliar euro atau sekitar Rp17,5 triliun dalam setahun.

Melalui pernyataan di laman resminya, Real Madrid membeberkan pendapatan gabungan mereka pada musim kompetisi 2023-2024.

Real Madrid pun menjadi tim olahraga pertama di dunia yang mampu meraup pendapatan hingga 1,073 miliar euro atau sekira Rp17,5 triliun dalam setahun tahun.

El Real mendapat pemasukan tersebut di luar nominal transfer pemain. Pendapatan Real Madrid meningkat 27 persen atau sekitar 230 juta euro dari tahun sebelumnya, 2022-2023.

"Di dalam lapangan, tim utama Real Madrid memenangkan Liga Champions untuk keenam kalinya pada periode 2014-2024, serta gelar LaLiga dan Piala Super Spanyol. Tim bola basket memenangkan Liga, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, serta mencapai final EuroLeague. Ini semua berkontribusi pada peningkatan pendapatan, tetapi juga biaya yang lebih tinggi, khususnya terkait dengan bonus skuad olahraga," bunyi pernyataan resmi Real Madrid.

Adapun untuk laba tahun ini, Los Blancos meraup keuntungan bersih sebesar 16 juta euro atau Rp281 miliar.

Klub pemilik 15 trofi Liga Champions itu kini mempunyai total ekuitas senilai 574 juta euro.

Kenaikan pendapatan tersebut tidak terlepas dari naiknya pemasukan komersial klub, pendapatan sponsor, dan pendapatan dari stadion Santiago Bernabeu yang kini menjadi lini bisnis baru pasca direnovasi.

Hanya saja Real Madrid mengalami penurunan pendapatan hak siar dari LaLiga jika dibandingkan dengan pendapatan serupa pada musim 2022/2023.

"Pada periode ini, meskipun stadion tidak beroperasi penuh, klub telah berhasil melampaui angka satu miliar euro dalam pendapatan operasional sebelum pelepasan aset tetap. Ini adalah angka yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk klub sepak bola mana pun," tulis Real Madrid.

Skuad asuhan Carlo Ancelotti itu saat ini tengah bersiap menjalani tur pramusim yang akan berlangsung di Amerika Serikat.

Sejumlah pemain El Real seperti Vinicius Junior, Jude Bellingham, Rodrygo Goes, Eduardo Camavinga, dan Kylian Mbappe belum bergabung lantaran diberi cuti usai membela tim nasional di Euro 2024 dan Copa America 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper