Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dear Fans Portugal, Kekalahan Ronaldo Bukanlah Akhir Segalanya

Fans tetap menganggap Christiano Ronaldo sebagai pemain terbaik sepanjang masa meski gagal mengantar Portugal ke semifinal Euro 2024.
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo di Euro 2024 / Reuters-Wolfgang Rattay
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo di Euro 2024 / Reuters-Wolfgang Rattay

Bisnis.com, JAKARTA - Christiano Ronaldo mendapat berbagai kritikan setelah gagal mengantarkan Portugal merebut tiket semifinal Euro 2024.

Portugal kalah melawan Prancis dalam adu tos-tosan yang berlangsung pada Sabtu (6/7) dini hari WIB.

Kekalahan oleh Prancis itu membuat perjalanan Portugal terhenti. Ronaldo pun disinyalir akan pensiun setelah Euro berakhir.

Pelatih Portugal, Roberto Martinez, akhirnya ikut buka suara mengenai kabar pensiun yang akan dilakukan oleh Ronaldo dari Timnas. 

Martinez sendiri belum bisa memastikan posisi pasti Ronaldo di timnas Portugal. Menurutnya, semua keputusan ada di tangan pemain Al Nassr tersebut.

"Ini masih terlalu awal dan mentah untuk membicarakan itu setelah pertandingan, dan hingga saat ini belum ada keputusan individu yang diambil [oleh Ronaldo]," kata Martinez dikutip dari Mirror, Sabtu (6/7).

Mendapat banyak hujatan karena dinilai gagal sebagai kapten tim, namun sejumlah penggemar masih memberikan dukungannya untuk Ronaldo.

Para suporter menilai karier CR7 belum “selesai”. Mereka pun siap menonton aksi megabintang lapangan hijau tersebut di Piala Dunia (PD) 2026 bersama Portugal.

“Saya kira Ronaldo belum selesai, beberapa tahun ke depan dia masih akan memperlihatkan permainan terbaiknya. Saya berharap dia akan bermain di Piala Dunia,” kata Rakesh dikutip dari Antara, Sabtu (6/7).

Seorang penggemar pun mengatakan bahwa Ronaldo masih memiliki status pemain legendaris terbaik sepanjang masa.

"Saya dan para penggemar Ronaldo akan terus menunggu permainannya meski saat ini gagal di Euro 2024,” kata seorang penggemar bernama Fabian.

Diketahui, Ronaldo menjadi satu-satunya pesepak bola yang bermain di enam edisi Euro yakni pada 2008, 2012, 2016, dan 2020.

Sebelumnya, dirinya sempat mengaku akan menanggalkan sepatunya untuk Euro. Meskipun begitu, keputusan Ronaldo untuk pensiun dari Portugal masih belum bisa dikonfirmasi. 

"Ini adalah Euro terakhir saya, tentu saja. Tetapi saya tidak menjadi emosional karena itu, saya emosional soal segala sesuatu yang melibatkan sepak bola. Karena antusiasme yang saya miliki dari permainan ini, antusiasme melihat pendukung, keluarga, kasih sayang orang-orang terhadap saya," tutur Cristiano Ronaldo kepada O Jogo.

Ronaldo yang terlihat emosional, membantah jika dirinya terlihat frustrasi karena memikirkan waktu pensiun yang semakin dekat.

"Ini bukan soal meninggalkan sepak bola, karena jika saya memang melakukannya, apa lagi yang perlu saya lakukan atau menangkan? Ini bukan tentang satu poin atau selebihnya. Membuat orang bahagia adalah hal yang paling memotivasi saya," kata pemain Al Nassr itu.

Cristiano Ronaldo sejauh ini telah mencatatkan 211 caps bersama Timnas Portugal dengan menyumbangkan 130 gol.

Sejak debut pada 2004, Ronaldo selalu dipanggil oleh Timnas Portugal di turnamen internasional dan kini dia menjadi top skor sepanjang masa Selecao das Quinas.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper