Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesal Timnas U-23 Indonesia Dirugikan Wasit, Shin Tae-yong Sentil AFC

Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong mengkritik konfederasi sepak bola Asia (AFC) akibat kepemimpinan wasit di Piala Asia U-23 2024 yang kurang mumpuni.
Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 2024 mengkritik AFC / PSSI.
Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 2024 mengkritik AFC / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong mengkritik konfederasi sepak bola Asia (AFC) akibat kepemimpinan wasit di Piala Asia U-23 2024 yang kurang mumpuni.

Shin Tae-yong menyebut Timnas U-23 Indonesia cukup dirugikan oleh keputusan wasit dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024).

Shin menyoroti keputusan wasit yang tak adil sehingga Timnas U-23 Indonesia mesti menelan kekalahan 0-2 dari Uzbekistan.

"Jika saya membahas semifinal, masih ada beberapa hal yang saya pikirkan. Pemain sudah mengerahkan kemampuan terbaik mereka. Tapi Anda tahu ada situasi akibat keputusan wasit dan takdir tidak bisa diubah. Itu sangat sulit. ," kata Shin Tae-yong jelang laga kontra Irak, Rabu (1/5/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu juga memberikan kritik kepada AFC selaku penyelenggara turnamen Piala Asia U-23 2024.

Shin meminta AFC menghormati kedua tim dan seluruh pemain yang bertanding di atas lapangan.

"Di masa depan, jika AFC ingin berkembang kita harus menghormati semuanya baik itu pemain atau yang lain, semua tim dan lainnya. AFC harus membantu kedua tim saling menghormati," tutur Shin.

Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu mengaku tim-tim selalu memberikan rasa hormat kepada AFC yang merupakan konfederasi bagi negara-negara Asia.

Tapi, di sisi lain menurut Shin, AFC tak memberikan penghormatan yang sama kepada setiap tim dan pemain.

"Saya sudah melihat kembali video pertandingan berkali-kali. Saya sudah lebih dari 40 tahun di sepak bola. Maksud yang ingin saya sampaikan adalah rasa hormat untuk AFC dan AFC juga harus menghormati para pemain di tim," ucapnya.

Shin menampik jika komentarnya ini adalah untuk memberi tekanan kepada AFC atau wasit yang memimpin pertandingan Timnas U-23 Indonesia.

Menurutnya, kritik ini adalah demi kebaikan AFC agar bisa berkembang dan sepak bola Asia makin maju.

"Saya tidak punya intensi apa pun untuk memberi tekanan ke AFC atau wasit. Saya hanya ingin AFC berkembang. Juga semua tim di bawah AFC bisa berkembang. Itu yang saya harapkan," kata pelatih 53 tahun itu.

Selanjutnya Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Irak dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024, Kamis (2/5/2024).

Kemenangan atas Irak akan mengantar Garuda Muda ke Olimpiade 2024 Paris secara otomatis. Namun jika kalah, Indonesia harus melakoni playoff melawan wakil Afrika, Guinea, untuk memperebutkan slot terakhir.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper